news

Kunjungan Marco Impagliazzo ke Kiev di Ukraina

13 Mungkin 2018 - KYIV, UKRAINA

Marco ImpagliazzoUkraine

Berbagi Di

Dalam beberapa hari terakhir, Presiden Komunitas Sant'Egidio mengunjungi Komunitas Kyiv di Ukraina pada kesempatan peringatan 50 tahun Sant'Egidio. Kami melaporkan kisahnya:

"Saya sangat bersukacita bisa merayakan hari-hari ini di Kiev ke-50 Sant’Egidio bersama komunitas Ukraina. Saya terkesan oleh persahabatan terhadap begitu banyak orang tanpa tempat tinggal tetap yang menemukan sebuah keluarga di komunitas ini. Musim dingin yang sangat panjang tahun ini, bantuan dan persahabatan banyak orang muda dan orang dewasa telah memungkinkan begitu banyak orang menemukan keselamatan dari kerasnya iklim. Saya menyaksikan beberapa tunawisma berkumpul di rumah komunitas yang indah bersebelah dengan alun-alun Maidan yang terkenal.

Saya juga telah bertemu banyak orang lansia dan beberapa orang penyandang cacat yang tinggal di sebuah panti besar di mana komunitas selama 12 tahun, hari demi hari, membuka pintu untuk memasuki persahabatan dan kasih sayang dari banyak orang terhadap yang benar-benar sendirian. Beberapa lansia memberi tahu saya kata-kata yang menyentuh dan mendalam tentang nilai persahabatan. Di antaranya Olga: "Saya percaya bahwa Tuhan ada karena di usia tua Dia memberi saya semua anak-anak ini". Saya memiliki kesempatan untuk mendengar langsung puisi indah tentang cinta dan persahabatan yang mereka buat.

Kami juga berkumpul dalam pertemuan besar dengan komunitas Kiev dan perwakilan dari Leopold, Ivano-Frankoskv, Odessa, dan tempat-tempat lain untuk melihat bersama-sama masa depan komunitas yaitu komunitas yang terbuka bagi semua orang. Saya sangat terkesan dengan karya yang setiap hari dilakukan oleh komunitas untuk perdamaian dan rekonsiliasi dalam masyarakat yang masih ditandai oleh perang intensitas rendah dengan Rusia, masih ada begitu banyak kesakitan, penderitaan, dan kematian yang terjadi beberapa tahun ini. Kita harus terus berdoa untuk perdamaian antara Rusia dan Ukraina dan di Ukraina sendiri di mana kekerasan bertumbuh terutama paling dirasakan oleh orang miskin.

Terima kasih kepada semua saudara dan saudari Ukraina atas harapan yang Anda wakili dan seperti yang dikatakan Olga pada saya: "di masa gelap ini, komunitas adalah kilatan cahaya dalam kegelapan". Keindahan lavra, gereja-gereja dan tempat-tempat Doa kota menunjukkan saya kisah iman dan doa dari orang-orang yang ditandai oleh iman Kristen, yang hari ini diundang untuk hidup damai. Spasiba bolshoi!"

Marco Impagliazzo